\
Rab. Okt 27th, 2021

Sebagaimana anjuran pemerintah, bahwa di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, lebih baik kita beraktivitas di rumah saja jika tidak ada keperluan mendesak di luar rumah. Tentu saja tujuannya baik, untuk meminimalisir penularan wabah. Tetapi yang menjadi dilema, rasa bosan semakin tak tertahankan dari hari ke hari.

Tidak bisa dipungkiri, bosan menjadi masalah baru yang timbul akibat ajakan stay at home. Apalagi anak-anak yang naluri bermain dan eksplorasinya tinggi. Yang biasanya bisa bebas jalan-jalan, di rumah paling hanya menonton TV atau memandangi air hujan yang turun perlahan.

Sebenarnya, banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar tidak bosan meski tetap berada di rumah dalam waktu yang tidak sebentar. Orang tua bisa kolaboratif dengan anak untuk mengusir jauh-jauh rasa bosan itu. Selain mengusir bosan, berkolaborasi dengan anak akan menambah kedekatan keluarga.

Banyak hal baru yang dulu sering terlewatkan, yang kini bisa dikerjakan bareng-bareng. Misalnya, memasak menu-menu terbaik, belajar bersama, atau mengasah kreativitas. Sebagai orang tua bijak, salah satu cara agar anak tidak bosan, dan justru menambah kreativitas adalah membangun tenda.

Bermain kemah bisa menjadi pilihan yang rekomended antara orang tua dan anak. Hal mana, dalam medirikan tenda dibutuhkan kecermatan dan kekompakan. Tidak perlu biaya banyak. Pasalnya, tenda anak sebenarnya bisa Anda buat sendiri di rumah dengan perlengkapan seadanya.

Nah, berikut ini kami akan berikan gambaran tenda yang bisa orang tua bangun bersama buah hatinya di rumah. Simak baik-baik ya!

Tenda Sederhana String Horizontal
Parents, banyak sekali ide desain tenda yang bisa dibuat dengan mudah di rumah. Bahkan tidak perlu keluar biaya mahal. Yang penting, tepat guna dan anak-anak senang, bukan begitu?

Tenda jenis ini bisa dibuat dengan sangat mudah di kamar anak. Kita cukup menyediakan tali horizontal, hal mana tali itu nantinya digunakan untuk membagi kain menjadi dua. Masing-masing sudut tali bisa dibentangkan dan dikaitkan pada lemari pakaian atau tempat tidur. Gunakan kain penutup yang memiliki motif menarik untuk meningkatkan nilai seninya.

Tenda Teepee
Tenda kreatif berikutnya yang bisa dibuat adalah Teepee. Tenda ini menyerupai hunian orang Indian Amerika. Untuk mendirikan di kamar sang anak, Parents memerlukan lima hingga enam tiang penyangga dengan tinggi yang sama. Parents bisa menggunakan kayu atau paralon.

Pada bagian atas tiang, sisakan beberapa jengkal untuk mengikat antar tiang sehingga menyatu. Sementara bagian bawah dibentuk melebar. Berikutnya, balut dengan kain yang memiliki desain menarik untuk menambah kesan. Sebagai dekorasi tambahan, Parents bisa menambahkan semacam karpet atau tikar sebagai alasnya.

Tenda Kanopi

Tenda berikutnya yang bisa dibuat bersama anak adalah tenda kanopi. Parents bisa membuatnya dengan cara melubangi delapan titik holahop dengan jarak yang sudah diukur. Itu artinya akan ada empat lubang yang saling berhadapan. berikutnya, lingkarkan tali melalui setiap lubang dan kumpulkan di bagian atasnya. Maka akan Jadi bingkai kanopi.

Kemudian balut dengan tirai atau kain yang lebar. Kaitkan dan ikat pada semua lubang tali. Lakukan secara hati-hati sekalian menyelipkan di bagian atas bingkai kanopi hingga cincin gorden terikat kuat. Berikutnya, pasang kait ke langit-langit untuk menggantung tenda.

Nah, Parents itulah tadi tiga jenis tenda kreatif yang bisa Anda buat di rumah bersama anak. Tentu momen semacam ini akan menjadi momen keseruan dan kebanggaan tersendiri bagi anak.