\
Sel. Mei 11th, 2021

Pipa air terutama untuk yang panas emang sengaja diproduksi demi kebutuhan jaringan saluran air panas dan juga dingin pada saluran sanitasi. Biasanya pipa air yang panas dan dingin bertekanan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti kegiatan mandi dan juga bersih-bersih.

Pipa air panas umumnya harus tahan terhadap tekanan dan juga tahan terhadap suhu tinggi pada fluida. Jadi tidak heran kenapa karakter pipa ini mampu menahan panas agar suhu cairan yang dialirkan tetap terjaga sampai akhir saluran. Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis pipa untuk air panas yang umumnya digunakan.

 

1. Pipa Air Panas Sanitasi

Fungsi pipa air yang beragam salah satunya untuk panas dan dingin ini punya jenis sanitasi. Harusnya pipa untuk air panas yang ideal dapat mengalirkan cairan dengan tekanan dan suhu tertentu serta dapat menjaga kualitasnya. Biasanya dipilih pipa cast iron untuk sanitasi karena punya karakter yang kuat dan juga efektif menyalurkan air panas bertekanan tinggi.

Namun umumnya produk seperti ini punya beberapa kendala yaitu bobot yang berat jadi agak sulit dalam proses instalasi dan monilisasi. Kendala lainnya yaitu pada proses penyambungan dan pengawasan yang rumit serta harganya mahal. Nah solusi lainnya untuk penggunaan pipa bisa dengan bahan thermoplastik. Bahan ini terbuat dari polypropylene random (PPR). Bahan ini punya kelebihan dari sisi jaringan air dingin atau panas bersih bertekanan untuk kebutuhan sanitasi. Selain itu bobotnya juga ringan dengan cara penyambungan yang lebih simple tanpa kesulitan. Pipa PPR ini juga punya resiko kecil untuk bocor sehingga tentu saja Anda bisa menghemat biaya perawatan bahkan bisa digunakan hingga 50 tahun. Ada beberapa jenis pipa PPR yang umumnya digunakan yaitu Pipa PPR PN-10, Pipa PPR PN-16 dan Pipa PPR PN-20.

 

2. Pipa Air Panas Limbah Dan Buangan

Pipa air panas yang kedua dibutuhkan untuk limbah dan juga buangan yang pastinya dengan suhu tinggi. Untuk jenis ini harus menggunakan pipa khusus karena fluida tak murni dalam bentuk cair. Biasanya untuk karakter pipa limbah memiliki metode penyambungan welded fusion.

Metode ini punya kekurangan yaitu memiliki sisa lelehan pada pipa PPR jadi kurang baik karena beresiko penumpukan kotoran yang mengakibatkan penyumbatan. Nah penyumbatan tentu akan mengganggu aliran dan membuat pipa jadi tidak awet. Harusnya pipa air panas untuk kebutuhan limbah punya sistem penyambungan rubbering joint.

 

 

Demikian dua jenis pipa air panas yang umumnya banyak digunakan untuk kebutuhan air panas atau dingin berkekuatan tinggi. Bagi yang sedang mencari pipa air baik pipa biasa maupun pipa khusus air panas bisa membelinya di Rucika. Perusahaan ini menawarkan pipa air dengan harga terjangkau yang sudah memiliki standar internasional. Untuk air panas sendiri Anda bisa memilih Rucika Kelen Green. Produk ini yang dimaksudkan untuk saluran air panas dan dingin dengan tekanan yang memiliki kelebihan jenjang produk luas. Dibuat dari bahan Polypropylene Random yang disambung dengan sistem heat fusion. Sistem ini punya kelebihan yaitu hasil penyambungan menjadi senyawa  sehingga jadi lebih kuat, pipa juga menjadi anti bocor dan bebas perawatan serta mampu bertahan hingga 50 tahun. Kelen green ini memang dirancang untuk sistem sanitari pada industri, rumah sakit, hotel apartemen serta perumahan. Pipa juga digunakan untuk sistem air minum dan makanan cair serta agrikultur.