\
Sel. Mei 11th, 2021

Asam lambung merupakan penyakit yang dikenal dengan GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease. Penyakit ini dapat terjadi karena muncul masalah pada lambung yang memproduksi banyak cairan asam lambung.

 

Dimana asam lambung mempunyai tugas yang penting yaitu untuk memudahkan tugas lambung dalam memecah makanan agar nantinya mudah diserap tubuh. Akan tetapi apabila asam lambung naik, maka akan dapat menimbulkan gejala tidak nyaman yang dapat dirasakan. Dimana untuk beberapa hal yang dapat menyebabkan asam lambung adalah karena mengalami obesitas, sindrom hernia perut, mengkonsumsi banyak alkohol, merokok, diabetes, asma, dan juga tekanan perut saat kehamilan.

 

Sehingga apabila dilihat dari penyebabnya, maka Anda bisa untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu agar tidak mengalami kenaikan asam lambung. Sedangkan bagi yang timbul gejala asam, perlu untuk mengatasinya dengan cara yang tepat.

 

Apabila asam lambung naik, gejala yang dapat ditimbulkan adalah akan mengalami rasa nyeri pada ulu hati dan juga di bagian dada. Sehingga akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman terutama bagian perut hingga kerongkongan. Untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup untuk mudah dilakukan. Adapun untuk beberapa cara mudah yang dapat dilakukan agar dapat mengatasi dan mencegah asam lambung adalah:

 

1. Mengatur kebiasaan makan

Tips pertama yang dapat digunakan untuk mengatasi serta mengobati asam lambung naik adalah dengan mengatur kebiasaan yang dipunyai. Penyakit ini bisa timbul karena mempunyai pola hidup yang tidak sehat. Oleh karena itulah bisa dibantu dengan mulai mengatur dan melakukan pola hidup yang sehat. Terutama mengenai masalah mengatur kebiasaan makan yang akan turut untuk membantu mengatasi dan mencegah agar tidak mengalami asam lambung yang naik. Adapun untuk beberapa cara mengatur kebiasaan makan yang dapat dilakukan adalah:

 

  • Anda perlu untuk mengatur porsi makan dengan tepat. Karena apabila langsung makan dalam porsi besar akan dapat menimbulkan refluks. Sehingga akan lebih baik untuk menghindari makan porsi besar dan memilih porsi tidak berlebihan.
  • Selanjutnya adalah dengan tidak mengemil diantara waktu makan. Sangat penting untuk membuat lambung tidak mencerna makanan yang terlalu banyak. Oleh karena itulah hindari untuk mengemil diantara waktu makan.
  • Kebiasaan selanjutnya adalah bisa untuk menghindari minum air saat sedang makan. Sebaiknya minum air terlebih dahulu sebelum makan bukan saat di tengah makan.
  • Cara mengunyah yang dilakukan juga perlu diperhatikan. Dimana untuk caranya adalah dengan mengunyah dengan benar sehingga akan memudahkan untuk mencegah makanan.
  • Terakhir adalah pastikan untuk makan dengan teratur pada jadwal yang biasa. Hindari pula makan sebelum tidur karena memudahkan asam naik ke tenggorokan.

 

2. Mengkonsumsi makanan yang tepat

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Pilih makanan yang dapat meredakan gejala asam lambung yang dirasakan. Seperti misalnya makanan sehat yaitu sayuran hijau. Konsumsi sayuran seperti brokoli, kembang kol, kentang, ataupun mentimun. Selain itu juga bisa mengkonsumsi oatmeal, buah yang tidak asam, dan daging tanpa lemak.

 

 

 

3. Pola hidup sehat

Tips terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi asam lambung adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Seperti dengan menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu masalah asam lambung. Seperti cokelat, kopi, dan juga alkohol yang dapat membuat asam lambung mudah naik. Selain itu juga usahakan untuk tidur yang cukup, tidur dengan posisi yang kepala dan dada lebih tinggi, dan menghindari baju yang ketat.