\
Rab. Okt 27th, 2021

Untuk orang awam pasti banyak yang tidak mengetahui kehadiran dari guiding block di trotoar jalanan umum. Pasti banyak yang mengira bahwa cetakan jalan yang bertekstur tersebut tidak punya fungsi lain selain memang untuk pengguna jalan saja. Padahal faktanya Guiding Block punya fungsi untuk pejalan kaki khusus yang menyandang disabilitas, dalam hal ini adalah tuna netra. Untuk mendukung hal tersebut, tidak heran kini banyak perusahaan yang jual Guiding Block untuk tuna netra.

 

Apa Itu Guiding Block?

Mungkin Anda memang tidak mengetahui apa itu guiding block, Tapi tentu paham dengan yang namanya huruf braille. Huruf yang dipakai oleh saudara tunanetra merupakan pola dasar dari pembuatan guiding block. Cetakannya terbuat dari garis dan juga titik yang timbul dan di dalamnya punya pesan atau perintah tersendiri ketika saudara tunanetra menggunakan jalan dalam kondisi yang gelap.

Pesan-pesan ini tentu bisa terbaca dengan cara meraba rangkaian kombinasi dari garis dan juga titik yang tersusun pada guiding block sehingga menciptakan sebuah kalimat. Cara ini disebut dengan sistem tulisan malam atau night writing. Untuk Indonesia sendiri, pabrik jual guiding block di Jakarta sudah tersedia.

 

Guiding Block Memudahkan Penyandang Disabilitas

Penerapan dari guiding block ini ternyata sudah ada pada  Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 pada tahun 2006. di dalamnya berisi pedoman teknis fasilitas dan juga aksebilitas untuk gedung dan lingkungan bagi para penyandang disabilitas khususnya untuk para saudara tunanetra. Guiding block ini dipasang pada tempat dan fasilitas umum yaitu pada trotoar yang ada di terminal, stasiun dan juga taman kota.

Secara teknis, jalur yang harus dilengkapi dengan guiding block merupakan jalur lalu lintas kendaraan. Misalnya saja diletakkan di depan pintu masuk dan juga keluar transportasi umum, trotoar yang menghubungkan antara jalan dan bangunan serta fasilitas transportasi umum terdekat. Guiding block juga harusnya ada pada jalan menuju tangga, sehingga tidak membahayakan aksebilitas saudara tunanetra. Jual guiding block untuk tunanetra, tentunya semakin pesat berkat adanya peraturan langsung dari pemerintah untuk meningkatkan fasilitas tambahan bagi penyandang disabilitas khususnya tunanetra.

Jalur dengan menggunakan guiding block ini, memang sudah sepatutnya semakin banyak digunakan baik di perkantoran hingga pusat perbelanjaan. Bahkan seharusnya ada di perpustakaan untuk memudahkan para penyandang disabilitas pertama yang sudah lanjut usia.

 

Arti Pola Guiding Block

Pola yang ada pada guiding block tentunya punya makna tersendiri. Misalnya saja pola bulatan punya arti berhenti, sementara pola garis lurus artinya adalah jalan terus. Jika diperhatikan guiding block ini juga dibentuk dengan warna berbeda dari warna Jalan pada umumnya. guiding block memiliki warna kuning atau jingga yang dipasang pada trotoar dengan menggunakan ubin tetapi sebenarnya memiliki bahan dari logam dengan warna silver, warna ini khusus untuk jalan dengan bahan aspal jadi memudahkan untuk dibedakan dari segi warna.

Indonesia semakin meningkatkan fasilitas untuk para penyandang disabilitas dengan adanya guiding block ini. Anda juga bisa dengan mudah menemukan pabrik jual guiding block di Jakarta.

 

Nah itu tadi beberapa pembahasan seputar guiding block, yang tentunya memberikan informasi penting bagi orang awam yang tidak mengetahui fasilitas untuk para kaum disabilitas ini. Anda dengan mudah bisa menemukan pabrik  yang jual guiding block untuk tuna netra hanya di utera.id. Perusahaan ini mengklaim, guiding block yang ditawarkan kuat dan tahan lama dengan motif garis untuk pengguna jalan khususnya saudara tunanetra.