\
Ming. Agu 1st, 2021

Penderita diare memang kerap kali mengalami kondisi tubuh menjadi lemas, bahkan sulit untuk beraktivitas. Penyakit yang satu ini memang bukan hal yang dapat Anda sepelekan. Mengingat sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja, ia akan memicu dehidrasi pada penderitanya hingga berujung pada kematian. Untuk itu maka penting segera melakukan pengobatan secara tepat agar bisa sembuh. Banyak sekali diantara alternatif obat yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi penyakit tersebut. Mulai dari obat-obatan medis sampai dengan menggunakan herbal diare.

 

Banyak orang yang nyatanya tak jarang memilih menggunakan pengobatan secara herbal, karena dianggap lebih aman tanpa menyebabkan efek samping yang berbahaya. Apalagi faktanya sendiri memang cukup banyak diantara bahan-bahan herbal yang juga mudah untuk dijumpai di sekitar Anda. Berikut ini diantaranya ada beberapa alternatif bahan herbal diare yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi penyakit tersebut, yaitu:

 

  1. Daun sirih, tentunya banyak yang sudah tidak asing dengan tanaman herbal yang satu ini, mengingat ia cukup banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti ampuh mengatasi gusi berdarah, mimisan bahkan juga untuk merawat area kewanitaan. Namun ternyata ia juga ampuh untuk mengatasi penyakit diare. Jadi Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut.
  2. Daun singkong, tak hanya daun sirih, karena nyatanya daun singkong juga dikenal kaya akan manfaat, termasuk diantaranya adalah untuk mengatasi penyakit diare tersebut. cara pakainya sendiri juga cukup mudah, yaitu dengan merebusnya menggunakan air, setelah itu gunakan air rebusan tersebut untuk dikonsumsi secara rutin yaitu dua kali sehari sampai diare Anda mereda.
  3. Daun jambu biji, banyak obat-obatan diare yang nyatanya mengandalkan bahan herbal tersebut. Apalagi jika dilihat dari sifatnya sendiri memang antidiare, sehingga bisa bekerja secara efektif untuk mengatasi penyakit tersebut. ia mampu untuk mengurangi frekuensi buang air besar pada penderita diare, dapat dikonsumsi secara langsung dengan dimakan, namun pilihlah daun yang masih muda atau dengan cara merebusnya menggunakan air, kemudian mengonsumsi air rebusan tersebut.
  4. Daun salam, selain dikenal sebagai salah satu penyedap dalam masakan, ternyata khasiatnya untuk kesehatan juga sangat banyak. Termasuk karena memang daun yang satu ini juga memiliki efek antibakteri maupun antijamur yang dapat bekerja untuk mengatasi diare. Menurunkan frekuensi di dalam buang air besar. Caranya mudah yaitu cukup merebusnya dengan air kemudian Anda dapat menggunakan air rebusan tersebut untuk dikonsumsi, tambahkan sejumput garam sebelum meminumnya agar lebih berkhasiat.
  5. Sambiloto, belakangan ini sambiloto memang cukup populer di dalam dunia medis karena memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Termasuk diantaranya adalah dapat digunakan sebagai obat penyakit diare. Untuk mendapatkan khasiat tersebut sebenarnya caranya juga sangat mudah, yaitu cukup dengan merebus daun sambiloto kering dengan air, setelah itu saring airnya dan tambahkan dengan satu sendok madu asli dan bisa langsung diminum, konsumsi setidaknya adalah 2 kali sehari sampai diare Anda reda.

 

 

Mudah bukan, hanya saja bagi Anda yang lebih menyukai pengobatan yang praktis dan tidak ingin ribet maka tentu tetap ada caranya, yaitu dengan cara mengonsumsi obat diare yang banyak dijual di pasaran. Diantaranya yang memang sudah teruji aman digunakan dan mudah dijumpai adalah dari Entrostop. Sekarang Entrostop juga menghadirkan varian baru yang aman dikonsumsi oleh anak-anak.