\
Sen. Sep 20th, 2021

Apabila akan mengajukan klaim asuransi, Anda perlu untuk memperhatikan banyak hal. Sehingga nantinya klaim yang sudah susah diajukan akan diterima oleh pihak asuransi. Akan tetapi biasanya Anda juga tidak asing mendengar kasus bahwa klaim asuransi yang diajukan bisa ditolak. Hal tersebut juga bisa terjadi ketika Anda mengajukan klaim Allianz yang setelah melewati tahap verifikasi dapat ditolak oleh pihak asuransi. Biasanya hal tersebut juga bisa disebabkan karena kesalahan mengajukan klaim yang sebenarnya bisa untuk dihindari. Misalnya saja beberapa alasan klaim asuransi yang bisa membuat pengajuan klaim ditolak adalah:

 

1. Mengajukan di waktu yang tidak tepat

Alasan pertama mengapa klaim asuransi yang Anda ajukan ditolak adalah karena mengajukan di waktu yang tidak tepat. Mengajukan klaim juga sangat perlu untuk memilih waktu pengajuan yang tepat. Sehingga nantinya klaim asuransi yang diajukan mempunyai kesempatan besar untuk diterima. Misalnya saja tidak mengajukan setelah batas pengajuan klaim yang diterima, saat masa tunggu, atau juga waktu lainnya yang menyebabkan klaim asuransi dapat ditolak.

 

2. Tidak melaporkan resiko yang terjadi terlebih dahulu

Hal selanjutnya adalah ketika mempunyai alur pengajuan klaim yang tidak tetap. Untuk mengajukan klaim asuransi dari Allianz, Anda perlu untuk melaporkan resiko yang terjadi dengan segera. Hal ini merupakan langkah sebelum akan mengajukan klaim dengan menyerahkan dokumen yang diperlukan. Sehingga sangat penting untuk Anda membuat laporan klaim terlebih dahulu yang merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Dengan melaporkan resiko yang dialami juga akan membuat Anda lebih terbantu karena bisa mengetahui syarat dengan lengkap dan tepat.

 

3. Menyerahkan dokumen yang tidak lengkap

Cara selanjutnya untuk mengajukan klaim asuransi Allianz agar bisa diterima adalah bisa menyerahkan dokumen dengan lengkap. Ada berbagai syarat dokumen yang diperlukan ketika mengajukan klaim asuransi. Anda bisa melihat resiko yang dipunyai dan menyesuaikannya dengan syarat dokumen yang perlu disiapkan. Dengan dokumen yang tidak lengkap akan bisa membuat pengajuan klaim asuransi dapat ditolak.

 

4. Mengisi data yang salah

Hal selanjutnya yang membuat asuransi dapat ditolak adalah ketika mengisi data dengan salah. Apabila mengisi formulir pengajuan klaim, Anda perlu untuk memastikan bahwa data yang diisi telah benar. Hal ini akan mempengaruhi proses verifikasi dan juga hasil dari verifikasi itu sendiri. Sehingga pastikan untuk telah mengisi data yang benar untuk formulir pengajuan klaim yang diajukan.

 

5. Tidak memahami aturan manfaat asuransi

Hal terakhir yang membuat klaim Allianz yang Anda ajukan ditolak adalah ketika tidak memahami aturan manfaat asuransi. Pastikan Anda mempunyai pemahaman yang baik mengenai berbagai manfaat hingga manfaat tawarkan yang dipunyai. Sehingga hal tersebut akan memudahkan Anda agar tidak salah ketika mengajukan klaim asuransi dari Allianz yang akan diajukan.