\
Rab. Okt 27th, 2021

Apakah anda ingin lapor pajak tahunan lebih simple dan akurat? Kini hal tersebut bisa dilakukan dengan adanya layanan pelaporan pajak secara online dari Klikpajak. Anda bisa melakukan pembayaran dan lapor SPT tahunan kapan saja dan dimana saja sehingga terbilang sangat hemat waktu.

Lalu apa saja keuntungan dari lapor pajak tahunan dengan Klikpajak dan bagaimana caranya? Berikut ini akan dijelaskan secara singkat.

Keuntungan Menggunakan E-Filling Saat Lapor Pajak Tahunan

Berikut beberapa keuntungan lapor pajak tahunan dengan e-filing.

Bukti Lapor Pajak Lebih Aman

Yang pertama tentu saja tanda bukti dari lapor SPT tahunan yang anda miliki akan tersimpan rapi. Jadi anda tidak perlu takut tanda bukti bayar pajaknya hilang ataupun terselip bahkan rusak. Laporan ini tersimpan pada fitur arsip. Jadi kapan saja Anda membutuhkan bukti laporan SPT tahunan maka bisa menggunakannya ketika dibutuhkan.

Anda tinggal hanya melacak bukti tersebut dengan bermodalkan koneksi internet yang bagus. Mengapa bisa demikian? Tentu saja karena aplikasi pajak online terutama pada platform Klikpajak sudah berbasis web dengan teknologi cloud computing. Teknologi ini memungkinkan anda untuk memiliki data yang aman tersimpan.

Tidak Hanya Lapor Pajak Tahunan Saja

Aplikasi bayar pajak online ini tidak hanya memudahkan kamu untuk lapor satu jenis SPT saja. Kamu bisa melaporkan beberapa jenis SPT mulai dari SPT Tahunan/Masa Pribadi hingga SPT Tahunan/Masa PPh Badan.

Tidak Dikenakan Biaya

Untuk laporannya Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali karena dilakukan secara online lewat e-filing. SPT apa saja yang anda bayar tidak akan dikenakan biaya. Anda juga bisa melihat jadwal bayar dan lapor SPT bagi yang akan membayar kewajiban lapor SPT PPh Masa. Jadwal tersebut bisa anda lihat pada kalender saku di aplikasi.

Syarat Dan Ketentuan Lapor Pajak Tahunan

Anda yang belum pernah sama sekali melakukan lapor SPT Tahunan dengan e-filing, wajib melengkapi beberapa dokumen dan syarat. Tentu saja syarat ini lebih simpel jika dibandingkan dengan pembayaran pajak manual.

  • NPWP, pertama anda tentu harus memiliki NPWP sebelum lapor SPT. Kepemilikan dari NPWP ini membuat anda benar-benar terdaftar sebagai seorang wajib pajak di Ditjen Pajak. Jika Anda belum memiliki NPWP maka sebaiknya buat terlebih dahulu.
  • EFIN, selanjutnya Anda juga harus memiliki yang namanya EFIN. Ini merupakan nomor identitas elektronik yang diterbitkan secara otomatis oleh DJP untuk seorang wajib pajak. Fungsinya adalah agar Anda bisa melakukan transaksi elektronik.
  • Bukti Potong, selanjutnya Anda juga harus memiliki yang namanya bukti potong. Bukti potong ini berguna untuk pelaporan SPT tahunan pribadi.
  • Punya Akun Klikpajak, nah tentu saja anda akan melakukan pembayaran SPT tahunan lewat aplikasi KlikPajak, maka harus punya akun terlebih dahulu di Klikpajak. Jika belum Anda bisa mendaftar dengan menyiapkan email aktif nomor telepon NPWP dan juga EFIN.

 

Jadi itu tadi berbagai kemudahan yang bisa anda dapatkan jika lapor SPT Tahunan  lewat Klikpajak. Aplikasi ini tentu saja sangat memudahkan Anda tanpa harus buang-buang waktu  ke kantor pajak terdekat. Anda juga tidak perlu mengantri panjang untuk bayar pajak tahunan, hanya tinggal membuka aplikasi pajak online lalu didukung dengan koneksi internet yang baik. Menariknya lagi, pelaporan pajak tidak dikenakan biaya administrasi sama sekali alias gratis. Anda tinggal menyiapkan dana untuk pembayaran pajaknya saja tanpa harus ada pungutan lainnya.