\
Ming. Agu 1st, 2021

Saat ini, universitas dan perguruan tinggi di seluruh dunia menawarkan kursus yang diajarkan secara eksklusif dalam bahasa Inggris, sehingga memudahkan siswa internasional untuk mendaftar di program studi di luar negeri. Saat Anda mendaftar di universitas, kemungkinan besar Anda akan membutuhkan sertifikat bahasa Inggris, yang membuktikan bahwa Anda memiliki cukup pengetahuan untuk berpartisipasi dalam kelas dan memahami buku teks dan materi pelajaran lainnya.

                Untuk lulus tes bahasa Inggris dan mendapatkan sertifikat bahasa, Anda perlu menginvestasikan banyak waktu dan tenaga, tergantung pada level bahasa Inggris Anda saat ini. Itulah mengapa Anda harus mulai mempersiapkan dan berlatih secepatnya dan mengikuti ujian bahasa Inggris sejak dini, sehingga Anda tidak akan melewatkan tenggat waktu pendaftaran universitas. Anda harus mencari cara belajar persiapan tes TOEFL atau IELTS yang tepat. Beberpa lembaga bahasa Inggris menyediakan layanan tersebut dan juga kami akan memberikan Anda sebuah tips sukses mengerjakannya https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/akademik-english-dan-persiapan-tes-inggris/5-tips-mendapatkan-nilai-tinggi-saat-toefl-ibt/.

 Di bawah ini, kita akan membahas  informasi umum tentang jenis tes bahasa Inggris, yaitu TOEFL dan IELTS yang sertifikatnya yang diterima secara luas di seluruh dunia. Ini akan membantu Anda memahami struktur dan nilai mereka dengan lebih baik, selain itu bisa membantu Anda untuk mempelajari materi yang ada di setiap tes, seperti kosa kata bahasa Inggris, bentuk kalimat, dan lain sebagainya, dan Anda akan dapat memutuskan ujian mana yang akan diambil sebelum belajar di luar negeri (jika universitas Anda menerima lebih dari satu ujian).

                    Tes Bahasa Inggris sebagai Penutur Bahasa Asing (TOEFL®). TOEFL® adalah sertifikat bahasa Inggris yang sangat populer di seluruh dunia. Dalam kebanyakan kasus, ini ditawarkan sebagai tes berbasis internet (TOEFL® iBT), tetapi ada juga tes berbasis kertas yang hanya ditawarkan di lokasi tanpa koneksi internet. Biasanya, versi internet dan berbasis kertas hanya dapat diambil di pusat tes khusus.

                Ada banyak tips ujian IELTS dan TOEFL agar sukses, kamu dapat mencari banyak informasi diinternet atau artikel terpercaya seperti disini https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/akademik-english-dan-persiapan-tes-inggris/mempersiapkan-diri-untuk-mengikuti-tes-ielts/. Namun lebih dari itu Anda harus tau, karena wabah virus Corona saat ini, TOEFL® iBT juga dapat digunakan secara online, dari kenyamanan rumah Anda. TOEFL® iBT membutuhkan waktu 3 jam untuk menyelesaikannya. Tes pengiriman kertas TOEFL® hanya membutuhkan waktu 2 jam 25 menit karena tidak termasuk bagian Berbicara (jawaban tidak dapat direkam tanpa mikrofon dan koneksi internet). TOEFL® iBT memiliki 4 bagian. Setiap bagian dinilai hingga 30 poin, yang menambahkan hingga skor maksimum 120 poin:

  • Reading
  • Listening
  • Speaking
  • Writing

Selama tes berlangsung, Anda berinteraksi dengan komputer. Di dua bagian pertama, Anda membaca teks dan mendengarkan rekaman tentang berbagai topik dan menjawab pertanyaan pilihan ganda tentang konten nanti. Untuk bagian berbicara, jawaban lisan Anda direkam, dikirim ke jaringan penilaian online dan dievaluasi oleh tiga hingga enam penilai. Bagian tertulis dievaluasi oleh jaringan penilaian online ini juga. Skor paling umum yang dibutuhkan oleh universitas adalah 70-90 (B1 / B2). Beberapa universitas juga mensyaratkan skor minimum di beberapa dari 4 bagian ujian. Harga TOEFL® iBT sangat bervariasi tergantung pada negara dan pusat ujian tempat Anda mengikuti ujian. Misalnya, biayanya 205 USD di AS dan 255 USD di Jerman. Sertifikat TOEFL berlaku selama dua tahun.