\
Ming. Agu 1st, 2021

Tubuh yang langsing dan proporsional merupakan idaman bagi setiap wanita, karena selain meningkatkan tingkat kepercayaan diri, juga meningkatkan daya tarik. Maka dari itu berbagai cara dilakukan oleh wanita untuk mencapai hal tersebut. Diet adalah menjadi pilihan, terkadang diet dilakukan dengan mengkonsumsi obat ataupun diet instan. Hindari program diet instan atau diet ekstrim yang belum terbukti efektivitas dan keamanannya, sebab sejumlah efek samping serius dapat kita alami, di antaranya malnutrisi, gangguan elektrolit, mudah lelah, rambut rontok, masalah pada otot. Pada wanita, diet ekstrim juga bisa menyebabkan menstruasi menjadi tidak normal. Alih-alih mendapatkan hasil diet yang maksimal. malahan akan mendapatkan penyakit untuk tubuh kita. Maka dari itu diet alami sangat disarankan untuk menjalankan program diet. Diet alami tanpa obat bukanlah sesuatu yang mustahil atau sulit dilakukan. Kuncinya adalah disiplin dan teguh dengan komitmen untuk mencapai berat badan ideal yang ditargetkan. (1) Berikut beberapa tips untuk diet alami, yang bisa kita lakukan setiap harinya:

 

1. Diet tinggi protein

Dalam hal penurunan berat badan, protein adalah “raja” nutrisi. Tubuh akan membakar kalori saat mencerna dan memetabolisme protein yang telah dimakan, sehingga diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Diet tinggi protein juga bisa membuat kita merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang makan lebih dari 400 kalori lebih sedikit per hari dengan diet tinggi protein.

 

2. Hindari makanan olahan

Makanan olahan biasanya kaya akan gula tambahan, lemak dan kalori. Terlebih lagi, makanan olahan dibuat untuk membuat kita makan sebanyak mungkin. Makanan olahan lebih mungkin menyebabkan makan seperti kecanduan daripada makanan yang tidak diolah.

 

3. Batasi asupan gula tambahan

Konsumsi banyak gula tambahan dikaitkan dengan beberapa penyakit utama di dunia, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker. Meminimalkan asupan gula tambahan adalah cara terbaik untuk memperbaiki pola makan.

 

4. Minum air putih

Air sangat baik untuk menurunkan berat badan sebagai pengganti minuman lain yang tinggi kalori dan gula. Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori. Minum 0,5 liter air dapat meningkatkan kalori yang dibakar sebesar 24-30% selama satu jam sesudahnya.

 

5. Kopi hitam tanpa gula

Kopi hitam adalah pilihan terbaik diet alami untuk penurunan berat badan, karena bisa membuat kita merasa kenyang dan hampir tidak mengandung kalori. Kopi memiliki kandungan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. Kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme sebesar 3-11% dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23-50%. (2)

 

 

 

6. Olahraga cukup

Banyak orang tidak berolahraga secara teratur dan mungkin juga memiliki pekerjaan yang tidak banyak bergerak. Inilah yang menjadi penyebab kenaikan berat badan. Cara diet alami yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga secara teratur. Penting untuk melakukan olahraga kardio seperti berlari atau berjalan.

 

7. Coba puasa

Puasa juga bisa menjadi cara diet alami yang sehat. Puasa intermiten misalnya, banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Medical News Today, puasa intermiten adalah pola makan yang melibatkan puasa jangka pendek teratur dan mengkonsumsi makanan dalam jangka waktu yang lebih singkat di siang hari.

 

8. Hindari stres

Cara diet alami tanpa obat yang tak kalah penting adalah menghindari stres. Stres bisa menjadi salah satu faktor naiknya berat badan. Untuk menghindarinya, cobalah untuk yoga, relaksasi, atau berekreasi.

 

9. Fokus ubah gaya hidup

Diet adalah salah satu hal yang hampir selalu gagal dalam jangka panjang. Tak sedikit orang yang diet cenderung bertambah berat badan dari waktu ke waktu. Alih-alih hanya berfokus pada penurunan berat badan, jadikanlah sebagai tujuan utama untuk menutrisi tubuh dengan makanan dan nutrisi yang sehat. (3)

 

Selain beberapa tips diatas, ada beberapa tips lain yang mungkin bisa kita lakukan untuk diet alam:

  • Minumlah 3 gelas air sekitar 30 menit sebelum makan. Hal ini akan menurunkan nafsu makan, sehingga mencegah makan terlalu banyak.
  • Hindari melewatkan sarapan dan jangan biarkan dirimu terlalu lapar, karena hanya akan menyebabkan kita sering ngemil atau makan berlebihan nantinya.
  • Gunakan piring yang berukuran lebih kecil saat makan.
  • Jauhkan diri dari hal yang dapat membuatmu stres, karena stres dapat memicu untuk sering mengkonsumsi cemilan.
  • Kunyahlah permen karet dengan rasa mint saat muncul keinginan untuk ngemil. (1)

 

Diet yang baik dan aman dilakukan secara bertahap. kita dianjurkan untuk menurunkan berat badan tidak lebih dari 0,5 – 1 kilogram per minggu. Jika kita menurunkan berat badan secara berlebihan, hal tersebut dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Dan Diet alami harus menjadi pilihan kita, serta gaya hidup, makanan dan minuman yang menunjang diet alami harus yang berkualitas. Salah satu diet alami adalah meminum air secara rutin. Air minum berkualitas yang mengandung mineral haruslah menjadi pilihan kita. Dalam memilih air mineral harus yang berkualitas. Untuk itu pilihlah AQUA karena sudah lebih dari 48 tahun berperan sebagai pelopor air minum di Indonesia. AQUA melakukan tiga perlindungan dari mulai pemilihan sumber air hingga proses pengemasan. tiga perlindungan tersebut yakni melindungi ekosistem di sekitar sumber air, melindungi mineral alami yang terkandung di dalam air, serta melindungi proses pengemasan. Tiga perlindungan yang dilakukan AQUA memastikan kualitas air mineralnya dan sampai ke tangan konsumen dengan aman dan terjaga. (4)

 

  1. https://www.alodokter.com/ingin-diet-alami-tanpa-obat-ini-tipsnya
  2. https://health.detik.com/diet/d-5255443/10-cara-diet-alami-turunkan-berat-badan-tanpa-obat
  3. https://hot.liputan6.com/read/4475317/23-cara-diet-alami-tanpa-obat-sehat-tanpa-efek-samping
  4. https://www.sehataqua.co.id/menu-diet-sehat-yang-bantu-turunkan-berat-badan/