\
Rab. Mei 25th, 2022

Merdeka Walk terkenal sebagai pusat kuliner dan wisata malam di Kota Medan yang terkenal di kalangan anak muda dan masyarakat kota itu sendiri. Merdeka Walk ternyata juga dimanfaatkan menjadi tempat wisata layaknya Kota Tua di Jakarta, lho. Selain bisa menikmati peninggalan sejarah di Merdeka Walk, pengunjung juga bisa menyantap berbagai kuliner yang tersedia. Lalu, apa saja keistimewaan dari Merdeka Walk yang berhasil memikat anak muda dan siapa pun untuk berkunjung? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

1. Kuliner Malam yang Khas

Bicara soal tempat wisata tentu tak luput dari wisata kuliner. Di tempat ini, kalian bisa menemukan berbagai jenis kuliner, dari makanan khas Medan sendiri seperti soto Medan, sup buntut, ayam penyet, durian Medan, nasi lemak, dan sebagainya. Tak hanya itu, di Merdeka Walk juga tersedia makanan cepat saji seperti McDonalds dan Pizza HUT, makanan khas anak muda saat ini. Namun, jangan khawatir. Jajanan ringan juga dijajakan di sepanjang Merdeka Walk ini apabila pengunjung tidak ingin makan makanan berat.

2. Tata Letak Lokasi yang Unik

Di Merdeka Walk, kurang lebih sebanyak 700 kursi disediakan dengan tujuan agar pengunjung tetap bisa beristirahat sejenak. Agar pengunjung merasa nyaman dan adem di siang hari, pohon-pohon besar yang ditanam sejak masa penjajahan Kolonial Hindia-Belanda siap menghalangi paparan sinar matahari langsung.

3. Terdapat Live Music

Ingin menikmati makanan dengan menonton live music? Bisa! Kawasan Merdeka Walk kerap menyajikan penampilan live music dan band performance. Di waktu-waktu tertentu, pengunjung bahkan bisa menyaksikan berbagai pertunjukan yang berlangsung di Lapangan Merdeka.

4. Tempat Bersejarah

Kawasan Merdeka Walk dan Lapangan Merdeka menjadi salah satu situs bersejarah peninggalan kolonial Hindia-Belanda. Dulunya, Lapangan Merdeka adalah tanah lapang yang biasa digunakan untuk melangsungkan acara-acara penting oleh pemerintah Hindia-Belanda.

Merdeka Walk juga dikelilingi oleh bangunan tua yang bersejarah, salah satunya Kantor Pos Medan. Bergaya arsitektur klasik Eropa, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin berfoto atau hanya sekadar jalan-jalan. Tak hanya Kantor Pos Medan, bangunan lainnya adalah Hotel Inna Dharma Deli, Gedung Balai Kota, dan Gedung Lontong Sumatera.

5. Adanya Game Center bagi Anak-anak

Orang tua yang membawa anak kecil saat ke Merdeka Walk bisa mengajak anaknya untuk bermain di Game Center. Tempatnya yang cukup besar dan punya banyak jenis permainan dijamin bisa membuat anak betah bermain dan senang.

6. Harga Tiket

Salah satu alasan ramainya Merdeka Walk adalah tidak adanya biaya tiket masuk alias gratis. Tempat wisata yang berbau sejarah ini sengaja disuguhkan secara gratis kepada masyarakat. Dengan begitu, siapa pun, dari kalangan mana pun bisa menikmati Merdeka Walk khususnya di malam hari tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Selain itu tempat ini juga banyak hotel di Medan yang murah untuk tempat menginap selama berlibur di Medan. Banyak hotel murah di Medan ini yang dilengkapi dengan fasilitas mewah sehingga bisa menambah kenyamanan selama berlibur.